Selasa, 10 Januari 2017

Pemodelan Grafis untuk Game




Judul/Bab     : Pemodelan grafis untuk game (TUGAS 4)
Nama           : Muhammad Zaky Fauzi  
NPM            : 5414606
Kelas           : 3IA21
Mata Kuliah  : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
 

Pemodelan Grafis untuk Game 




Game

credit to gamerrevolution.co

Game atau Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka(interface) pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.



 Animasi

 

 Credit to superluigibros.com


Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.




Virtual Reality 

 

Credit to REUTERS & lfpress.com


Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.




Hubungan game, animasi, dan virtual reality

 

Game VR Hardcode

Game merupakan sebuah permainan yang mana di dalam nya kita bermain untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dan animasi itu dibutuhkan dalam membuat game karena game itu sendiri merupakan perkembangan dari animasi. dan untuk virtual reality itu adalah masa depan dunia game, dimana game nantinya dapat dirasakan seperti nyata dan kita sebagai gamer merasakan seperti berada didalam game tersebut.

Pembuatan desain grafis pada game 

 

Credit to eelstork.deviantart.com

Pembuatan desain grafis untuk sebuah game membutuhkan software yaitu contohnya 3ds Max dan blender. Blender merupakan aplikasi pemodelan open source yang komplit dan komprehensif untuk menciptakan, mengubah dan mengedit model 3D dengan mudah. Transformasi model menjadi karakter yang menakjubkan menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan menggunakan Blender. Sedangkan 3ds max tidak open source.



Pembuatan Karakter

 

Credit to cgmasters.net

Pembuatan karakter game dengan menggunakan Blender. Pembentukan karakter dengan tools-tools yang ada. Dari pemberian vertical-horizontal loop, extrude, detailing, texturing, rigging, animating, dll.


Pembuatan Lingkungan pada Sebuah Game 

 

Credit to youtube.com/ArtefatoGames

Pembuatan Lingkungan pada sebuah game atau level sejatinya hanya memainkan tools tools yang tersedia pada program desain grafis. Lingkungan pada sebuah game ditujukan supaya game lebih terlihat nyata dan menarik.



Penggabungan Karakter dan Animasi Menjadi 3D dan 4D

Untuk menjadi game yang utuh diperlukan game engine beserta physicsnya, dapat menggunakan game engine yang ada seperti unity3d, cryengine, UnrealEngine, dll. dari engine tersebut desain grafis seperti karakter dan lingkungan atau level disatukan.dan dari situ akan terbentuk suatu game yang siap dimainkan.


Daftar Pustaka

https://cgcookie.com/course/introduction-to-character-modeling/
https://www.gameyan.com/3d-character-modeling.html
https://www.thegnomonworkshop.com/tutorials/environment-modeling-for-games 
http://yip-neworder.blogspot.co.id/2017/01/pemodelan-grafis-untuk-game.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar